Jumat, 10 Oktober 2014

Pribadi Introvert

Hm... halo!
Mungkin ini terdengar konyol, tetapi gue pengen ngasih tau tentang diri gue kepada kalian semua yang membaca ini, terutama untuk orang-orang yang kenal gue didunia nyata.
Kalau bagi kalian yang membaca ini gak mau mengenali gue lebih dalem lagi(cielah), atau takut ngerasa bosen(karena artikel ini akan berlanjut kepada psikologis),mendingan dilewat aja, cari postingan-postingan lainnya yang gue kirim ke blog ini ^^
Oke. Sesuai judul diatas, gue adalah orang bertipe introvert. Apa sih introvert itu? Bagi yang belom tau, ayo terus lanjut bacanyaa... :P


Menurut gue introvert itu adalah jenis karakter yang dimilki manusia. Lawan dari introvert adalah ekstrovert. Tapi soal ekstrovert lain kali aja, karena gue mau nyeritain tentang pengalaman gue sebagai seorang introvert ini. :D
Menjadi introvert itu, sangat-sangat sulit. Tahu mengapa? Karena orang introvert seringkali dicap aneh, dan itu pernah dialami oleh gue di sekolah(sangat menyedihkan!). Orang introvert biasanya tertutup(pendiem, bahkan dingin kepada orang yang bicara kepadnya loh!), selalu sibuk dengan dirinya sendiri. Gue misalnya, sering banget di kelas sendirian saat jam istirahat berlangsung. Bukannya kenapa, tapi gue males menuju kantin(tongkrongan anak-anak di kelas gue) yang jaraknya lumayan jauh itu. Lagi pula untuk apa? Gue jarang laper, walau enggak sarapan. Lalu, gue juga jarang membawa duit jajan ke sekolah. Gue pun cuman bisa mingkem sambil dengerin radio sekolah yang berkumandang di kelas.
Selain itu, gue gak punya ponsel dengan fasilitas BBM, whatsapp, line, dan yang lainnya. Paling sekedar facebook, twitter dan blog yang jarang gue buka juga. Otomatis gue sering ketinggalan update T.T
Gue juga enggak suka cerita macem-macem keorang lain, bukannya kenapa, gue gak mau rahasia dan seluk-beluk gue disebarin kepenjuru sekolah, seperti yang sering terjadi pada anak-anak lain. Malu. Dan juga takut gak sesuai dengan pendapat yang lainnya. Jadi gue hanya bercerita kepada orang yang gue percayai, dan gue yakin bisa mengerti kenapa gue melakukan hal ini dan itu. Sosok yang “sangat” bisa dipercayai. Jadi, bagi kalian-kalian yang punya temen seorang introvert, jangan pernah deh, sesekali sebarin rahasianya. Bisa-bisa kalian enggak dipercayai, lalu bisa aja nggak menganggap kalian temen lagi, malah musuh(pengalaman).
Walau enggak dikata-katain kuper, entah mengapa gue sedikit merasa seperti itu. :/

Ada lagi gak enaknya seorang introvert?
Ada. Kalau lagi stres, gak bisa dibagi keorang lain(sekalipun dibagi, hanya ke orang yang dipercayainya bisa jaga rahasia dan ngasih solusi). Introvert enggak pernah suka bercerita dalam keadaan senang sekalipun. Bagaimana dengan masalahnya? Paling hanya diam, merenungkan, sampai akhirnya menemukan sebuah pikiran positif(walau sedikit banget) sehingga baru bisa terlihat ceria lagi. Paling enggak enak adalah, kalau lagi merenung, tiba-tiba diganggu orang lain yang nyindir-nyindir soal masalahnya. Bisa-bisa orang introvert kecewa berat, sakit hati, dan kalau yang cewek nih(termasuk gue) bisa nangis dalam diam(buset, bahasanya).

Tetapi, bukan berarti seorang introvert tidak butuh teman karena terbiasa sendirian. Introvert tetep butuh temen, namun sesosok teman yang dapat dia percayai, mengerti dirinya, dan mau meluangkan waktu untuk bersama-sama dengannya agar mengenal dirinya dengan sangat baik. Juga, jangan menyindirnya secara terang-terangan, karena akan membuatnya merasa orang yang menyindirnya itu adalah musuh. Sindirlah baik-baik dan halus, dengan senyuman dan sebuah semangat(ini saran loh :D).

Negatif negatif mulu. Positifnya?
Jujur, gue ngerasa bersyukur menjadi seorang introvert. Walau positifnya sedikit banyak dan seringkali merugikan. Mau tahu kenapa? J
1.    Introvert adalah seorang yang peka, dan juga pendengar yang baik.
Karena terlalu banyak diam, orang introvert jadi sering memperhatikan sekelilingnya. Dia tahu situasi walau tidak ikut terlibat didalamnya. Dia tahu banyak tentang masalah-masalah orang disekelilingnya, walau tidak pernah ikut campur didalam masalahnya. Sehingga, jika orang mau bercerita masalahnya, bicaralah pada orang introvert. Biasanya orang introvert tidak pernah menyela saat orang lain berbicara, dan paling paham dengan apa yang dibicarakan orang lain itu karena selalu mendengarnya dengan baik J
2.    Introvert adalah seorang yang imajinatif.
Walau dari luar pendiam, pikrian orang introvert enggak pernah diam. Pikiran mereka selalu berjelajah tanpa henti dan sangat luas. Oleh karenanya, dia terlihat pasif karena lebih aktif didunia khayal atau imajinasi. Sehingga ide-ide barunya seringkali fresh, dan tidak terduga. Jadi cobalah, sekali-kali tanya pendapat orang introvert. Kata-katanya nih, orang introvert cocok bekerja yang banyak perlu imajinasi, seperti pelukis, juga perancang desain.
3.    Orang introvert jago menulis.
Selain jago menggambar, melukis, mendesain, orang introvert jago menulis. Walau orang introvert kurang ahli berbicara, tapi otak orang introvert ahli untuk membuat kata-kata menarik. Juga karena imajinasinya yang luas, orang introvert dapat membuat cerita unik dan menarik untuk dibaca(Yes! Yes! Ceritanya gue orang introvert yang suka nulis, nih, hehe)
4.    Introvert adalah teman yang berkualitas.
Karena introvert yang cenderung kuper, hal ini membuat orang introvert melihat teman bukan dari kuantitas /jumlah, tapi dari kualitasnya. Dia hanya ingin berteman dengan orang yang benar-benar ingin menjadi temannya. Karenanya, dia justru lebih menghargai temannya, karena bagi orang introvert mendapat teman tidaklah mudah.
5.    Introvert memiliki sifat yang tekun dan bertanggung jawab.
Karena orang introvert tak suka berhura-hura, seorang introvert punya rasa tekun dan tanggung jawab karena mereka anak rumahan. Sekalipun ada orang introvert yang pemalas, mereka akan tetap mengerjakan tugas yang telah diberikan J
6.    Introvert memiliki aura yang damai.
Introvert sama sekali enggak suka dengan menyelesaikan masalah dengan fisik(yah, kecuali yang punya temperamen gak stabil dan emang masalahnya berat banget) jadi biasanya, introvert menyelesaikan masalah dengan berpikir solusi yang paling sederhana dan damai.
7.    Introvert lebih mandiri.
Karena sering menyendiri, introvert terbiasa melakukan hal-hal sendirian, sehingga lebih mandiri. Beda dengan orang ekstrovert, yang sering melakukan  banyak hal beramai-ramai.

Hm. Apa lagi? Kayaknya gue cuma tau hal itu, hal itu doang yang gue syukurin selama ini. Sisanya mungkin kalian bisa mencari artikel-artikel lain diblog milik orang lain(gue pernah nyari dan hasilnya banyak sekali, kok). Gue hanya berharap, kalau kalian menghargai orang introvert(termasuk gue) yang jarang ada didunia ini. Introvert mungkin sulit diajak bergaul, namun jika sudah mengenalinya dan memahaminya, orang introvert akan menyenangkan.
Gue kasih tau aja ya, dengan membicarakan orang introvert dibelakang, menyinggungnya dengan nada merendahkan, bahkan menyebar rahasia orang introvert yang telah dipercayakannya kepadamu, orang introvert akan merasa dibully, dan bisa dianggapnya musuh(sudah berapa kali disebut diatas, kan?). Percayalah, dianggap musuh oleh introvert memang tak membawa dampak besar karena jarang mencari ribut didepan umum sehingga tak memalukan, tetapi orang introvert akan berusaha selalu lebih baik dibandingkan musuhnya, bahkan membuat dirinya sedemikian unik(terkadang menyombongkan diri didepan musuhnya secara tak langsung), jadi cepat atau lambat(jika musuhnya peka), akan merasa tersinggung juga. Introvert terbiasa mencari ribut dengan cara kompetisi. Sesungguhnya ada baiknya juga karena akan selalu semangat untuk berjuang menjadi yang terbaik, tapi kan, menyimpan dendam sendirian(karena tidak suka berbagi cerita dengan orang lain) itu tidak baik, kan?

Lalu kenapa gue ngasih info segala macem ini ke publik? Katanya, orang introvert gak suka berbagi?
Hahaha, gue masih introvert kok. Gue masih seperti orang introvert lainnya, gak suka berbagi. Tetapi bagi gue, berbagi cerita dan pengalaman(asal tidak hal yang sangat rahasia) itu wajar dan menyenangkan.
Lagipula, tujuan gue membuat artikel ini adalah agar orang introvert merasa bangga dengan dirinya sendiri, dan(ini yang paling penting!) tidak ada lagi orang-orang yang salah mengerti tentang introvert, sehingga orang introvert tidak merasa dibully dan rendah diri lagi(dibully dan merasa rendah diri tuh nggak enak loh! Gue sebagai orang introvert pernah ngerasain, dan itu sangat mengesalkan!).

Oke, terima kasih bagi kalian semua yang telah membaca artikel ini. :D Terima kasih karena telah mau mengenal orang introvert, termasuk gue. Mohon maaf kalau masih kurang lengkap dan barangkali menyinggung, walau gue gak bermaksud menyinggung dan karena berusaha untuk membuat artikel ini sehalus mungkin.

Salam damai semuanyaa. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menjalin persahabatan.



PS: silahkan komentar anda ke twitter @_nanatal23 atau langsung pada komentar dibawah ini!

2 komentar:

  1. betul skali iam an introvert meskipun sering di bilang aneh saya bangga menjadi diri sendiri

    BalasHapus
  2. Introvert itu pekanya kebangetan, jangan sering main kode:D

    BalasHapus