Sabtu, 25 Oktober 2014

Debet & Kredit



Bagi anak akuntansi, siap-siap kalian kenalan sama debet dan kredit. Yuk! Langsung aja!

1.       Apa sih, arti penting mempelajari debet dan kredit?

Debet dan kredit berguna agar dalam proses pencatatatan, dapat membedakan penambahan dan pengurangan akun/perkiraan.

2.       Definisi debet dan kredit

Debet berarti mencatat penambahan akun harta dan beban, juga pengurangan akun kewajiban, ekuitas, dan pendapatan.

Kredit berari mencatat pengurangan akun harta dan beban, juga penambahan kewajiban, ekuitas, dan pendapatan.

Jadi kesimpulannya adalah; saldo normal akun harta dan beban berada pada debet, dan saldo normal akun kewajiban, ekuitas dan pendapatan berada pada kredit.

3.      Bagaimana dengan aplikasi mekanisme debet dan kredit?

Mekanisme debet dan kredit berupa aturan yang harus ditaati dalam pencatatan. Misalnya, debet harus selalu berada disisi kiri dan kredit harus selalu berada disisi kanan. Karena debet dan kredit berguna sebagai pencatatan baik penambahan maupun pengurangan seperti yang tertulis diatas, ada aturan-aturan seperti berikut:

Apabila harta/beban bertambah, maka dicatat disisi debet, sedangkan transaksi yang menyebabkan pengurangan dicatat pada sisi kredit. Sebaliknya, untuk akun-akun seperti kewajiban, ekuitas dan pendapatan, jika bertambah maka dicatat disisi kredit, sedangkan berkurang pada sisi debet.

Pendapatan menambah modal. Oleh karena penambahan modal dicatat sebagai kredit, maka penambahan pendapatan dicatat sebagai kredit juga. Beban mengurangi modal. Oleh karena oengurangan modal dicatat sebagai debet, maka penambahan biaya dicatat sebagai debet juga.

Untuk pengambilan prive, pengambilan ini dicatat sebagai debet, karena perkiraan ini dianggap sebagai mengurangi modal.



Baiklah! Semoga kalian semua yang telah berkunjung dan membaca ini, untuk apapun tujuannya, terima kasih! Semoga artikel ini akan berguna dan bermanfaat bagi dunia pendidikan *cielah* silahkan membaca postingan lainnya juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar